Kumpulan Informasi Tentang Obat Sakit

Minggu, 15 November 2020

Penyakit Nd Pada Ayam Pdf

Tike sartika program vaksinasi untuk ayam kampung pedaging. Jurnal penyakit nd pada ayam.

Pin Di Hewan Ternak

Vaksinasi melalui suntik sebaiknya dilakukan pada sore hari agar ayam lebih mudah ditangkap dan vaksin tidak terkena sinar matahari yang dapat membunuh vaksin.

Penyakit nd pada ayam pdf. Metode pemberian vaksin pada ayam dapat diberikan dengan 3 cara yaitu melalui suntik tetes mata dan melalui air minum. Newcastle disease nd merupakan salah satu penyakit pada ayam yang sangat penting di indonesia. Penyakit nd telah menyebar di seluruh indonesia dan menimbulkan kerugian besar darmawan 1985.

Artikel ini akan membahas beberapa jenis penyakit pada ayam dan ciri cirinya. Menyerang berbagai jenis unggas terutama pada ayam. Penyakit ini adalah suatu infeksi viral yang disebabkan virus.

Panen ayam kampung 70 hari dr. Newcastle disease merupakan suatu penyakit yang bersifat komplek oleh karena isolat dan strain virus yang berbeda dapat menimbulkan variasi yang besar dalam derajat keparahan dari penyakit termasuk pada spesies unggas yang sama misalnya ayam tabbu 2000. Isolasi pada telur ayam bertunas yang dilanjutkan dengan uji rt pcr terhadap sampel organ dari itik yang dilakukan di laboratorium virologi terdeteksi positif ai h5.

Reservoar bagi penyakit nd ib psitakosis influensa unggas dan pasteurella spp. Tetelo nd tetelo atau newcastle disease juga disebut sebagai sampar ayam merupakan penyakit yang sering ditemukan dan paling ditakutkan karena dapat menyebabkan tingkat kematian yang tinggi pada ayam. Cara lain adalah menyediakan kandang karantina pada suatu lokasi yang terisolir pada.

4 nd ib tetes mata 7 gumboro tetes mulut 21 nd tetes mata 28 gumboro tetes mata lakukan vaksinasi sesuai jadwal untuk mencegah terjangkitnya penyakit pada ayam sumber. Penyakit ini ditemukan pertama kalinya oleh kreneveld di indonesia pada tahun 1926 karena menyerupai pes ayam sehingga disebut pseudovogelpest doyle pada tahun 1927 memberi nama newcastle disease berasal dari nama suatu daerah di inggris newcastle on tyne yang terjangkit penyakit serupa. Mengarah kepada penyakit avian influenza dengan diagnosa banding penyakit nd.

Isolat sampel itik tersebut juga dikirim ke bppv bukittinggi untuk dilakukan sequencing dan. Manajemen all in all out ayam masuk pada umur yang sama dan dipanen dalam waktu yang sama sudah umum diterapkan pada suatu peternakan. Newcastle disease nd adalah penyakit yang sangat menular dengan angka kematian yang tinggi disebabkan oleh virus genus paramyxovirus dengan famili paramyxoviridae nama lain untuk nd adalah tetelo pseudovogolpest sampar ayam rhaniket pneumoencephalitis dan tontaor furrens newcastle disease dipandang sebagai salah satu penyakit penting di bidang perunggasan.

Menurut tabbu 2000 kerugian akibat penyakit nd disebabkan karena angka. Bisa diobati misalnya nd new castle disease dan gumboro.


0 komentar:

Posting Komentar